13 WARGA TERJANGKIT HIV/AIDS

Diam-diam penderita HIV/AIDS ada di tengah masyarakat Purbalingga. Selama kurun waktu tahun 1993-2011 ada 18 penderita. Sedangkan selama tahun 2012 dilaporkan sudah ada 13 penderita.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) drg Hanung Wikantono mengatakan, 13 penderita itu terdiri dari 8 penderita AIDS dan 5 penderita HIV. Untuk tahun 2013 ini, belum terhitung. namun disinyalir jumlahnya hampir sama dengan tahun lalu.
Hanung mengatakan hal itu, saat penandatanganan komitmen bersama percepatan peningkatan derajat kesehatan masyarakat di Puskesmas Bojongsari, Senin 25 Maret 2013 kemarin. Kegiatan itu dihadiri Bupati, muspika dan kades se Bojongsari.
Sementara Kepala Puskesmas Bojongsari drg Yenawati mengatakan, penyebaran HIV/AIDS harus diwaspadai bersama. Sebab penyakit ini tidak hanya menjangkiti kalangan berduit saja tetapi juga kalangan yang dianggap tidak mungkin kena.
Di satu puskesmas ada laporan bahwa penderita HIV/AIDS ini adalah penduduk yang tinggal di wilayah puncak gunung. Rupanya lagi lagi masalah ekonomi. Ketika disuruh berhenti, dia malah bertanya apakah pihaknya bisa menopang hidupnya.
Karena itu masalah kesehatan itu adalah masalah bersama, bukan hanya masalah Pemkab dan Dinas Kesehatan. Karena itu perlu komitmen bersama untuk menanggulangi berbagai permasalahan kesehatan yang ada di tengah masyarakat.
Dari 13 desa di Kecamatan Bojongsari, ada 8 desa yang kepala desanya baru. Sehingga diajak untuk ikut menandatangani komitmen bersama. Apalagi sekarang ini banyak penyakit yang perlu diwaspadai bersama.
Yena menambahkan, derajat kesehatan masyarakat harus dinaikkan karena kesehatan menjadi dasar kehidupan berikutnya. Orang bisa mencari nafkah jika dia sehat. Jadi filosofinya adalah kesehatan untuk semua.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *