Dinas Kesehatan

Kabupaten Purbalingga

Kodim 0702 Gelar Gladi Posko I

Bupati mencopot Ban lengan tanda Gladi Posko selesaiPURBALINGGA, Kodim 0702 Purbalingga bersama Polres Purbalingga serta Pemda Purbalingga telah mengelar Latihan Geladi Posko I dengan sandi Wijayakusuma Perkasa ke 36. Latihan ini bertujuan untuk melaksanakan operasi penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi di Kabupaten Purbalingga. Latihan ini dilaksanakan sejak tanggal 21 April – 23 April 2014, yang diikuti oleh unsur TNI, Polri, SAR, Dinas Kesehatan, Satpol PP dan PMI Purbalingga.

Bupati Purbalingga, Sukento Rido Marhaendrianto saat membacakan sambutan Komandan Korem 017 Wijayakusuma pada upacara penutupan latihan Posko I di Makodim 0702 Purbalingga, dengan diselenggarakannya geladi Posko I ini diharapkan ancaman bencana yang mungkin terjadi di wilayah Purbalingga bisa diprediksi secara dini sesuai dengan proasedur yang ada, Rabu (23/4)

“Geladi ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para peserta, terutama dalam melaksanakan Komando pengendalian opersional (Kodalops) sesuai dengan prosedur hubungan komando dan staf  dalam penanggulangan bencana alam di lapangan,”kata Edison.

Edison menambahkan segala kekurangan yang masih dijumpai dalam latihan ini agar segera diperbaiki dan disempurnakan sehingga jika terjadi bencana akan bisa ditangani secara cepat, tepat dan maksimal.

Menurut Wakawasdal Geladi Posko I Mayor Inf. M. Fathkanudin, S.Ag penyelenggaraan geladi ini guna meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja komando dan staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi dan Kodalops.

“Pelajaran yang dikembangkan dalam latihan ini ada 6 yaitu analisis tugas pokok, petunjuk perencanaan, perkiraan keadaan, keputusan dan konsep umum operasi, rencana operasi dan perkiraan cepat,”kata Fathkanudin

Tema pada latihan ini lanjut Fathkanudin Kodim 0702/Purbalingga melaksanakan tugas bantuan kepada pemerintah daerah kabupaten Purbalingga dalam rangka menanggulangi bencana akibat erupsi Gunung Slamet di wilayah.

“Peserta pelatihan sebanyak 60 orang yang terdiri dari 25 orang peserta dan 35 orang penyelengara. Latihan dapat berjalan sesuai dengan rencana waktu, dengan hasil secara kuantitas 100 % dan dengan nilai kualitas 81,61,”pungkasnya (dy).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga © 2013 Frontier Theme