Peringati Hari Jadi Provinsi, RSMS Gelar Baksos Di Purbalingga

DSC_0030(1)1PURBALINGGA, Memasuki usia ke 64 tahun Provinsi Jawa Tengah, Rumah Sakit Margono Sukaryo (RSMS) Purwokerto melaksanakan bakti sosial kepada masyarakat di Kabupaten Purbalingga, berupa pengobatan gratis massal.

Kegiatan bakti sosial dilakukan selain merupakan bukti kepedulian, juga sebagai wujud kebersamaan serta kesetiakawan sosial pemerintah terhadap masyarakat yang membutuhkan, dalam membangun kebersamaan, gotong royong, persatuan dan kesatuan, untuk membangun Jawa Tengah yang bersih kreatif dan hebat.

“Dengan semangat kepedulian, kebersamaan, serta kesetiakawanan sosial terhadap masyarakat yang membutuhkan, dilandasi pula dengan semangat jiwa gotong royong, persatuan juga kesatuan, mari kita bangun Jawa tengah yang bersih, kreatif dan hebat,”tutur Kepala Bakorwil III Wilayah Banyumas, Satriyo Hidayat, saat memberikan sambutan pada acara Pembukaan Bhakti Sosial Pengobatan Gratis Massal dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Tengan Ke-64 Tahun 2014 di Pendapa Dipokusumo Purbalingga, Rabu (4/6).

Menurut Satriyo, masih banyak rakyat Jawa tengah yang mengalami nasib kurang beruntung dikarenakan angka kemiskinan yang relatih masih tinggi.

“Hal tersebut merupakan tugas kita bersama, dalam upaya mengentaskan kemiskinan di Jateng pada umumnya, dan wilayah Bakorwil II pada khususnya, selain itu ke depan, kegiatan yang berkaitan dengan pengetasan kemiskinan, dalam hal ini bhakti sosial, perlu tingkatkan lagi. Serta dapat diikuti oleh masyarakat yang membutuhkan lebih banyak lagi, sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang membutuhkan,”pintanya.

Satriyo juga menambahkan, bahwa pengobatan gratis/baksos tersebut merupakan kegiatan positif sebagai bentuk penanaman sikap empati, serta rasa peduli, juga saling berbagi terhadap sesama yang membutuhkan, karena dilingkungan masih banyak masyarakat miskin, apabila mereka jatuh sakit, tidak bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai, dikarenakan keterbatasan biaya.

Selain kegiatan tersebut, dalam rangkaian hari jadi yang ke-64, juga dilaksanakan khitanan massal yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni di RS Geriatri, yang rencananya diikuti oleh 100 anak se eks karesidenan Banyumas, serta pelayanan KB gratis oleh BP3AKB Provinsi Jateng untuk 150 akseptor (peserta dari Banyumas).

Sedangkan bedah rumah rencananya akan dilaksanakan di Desa Bajnarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas, oleh Bapermades Provinsi Jawa Tengah, serta kegiatan donor darah juga kan di laksanakan pada tanggal 25 Juni di Rumah Jabatan Bakorwil III, dan di UDD PMI Kabupaten se Bakorwil III Provinsi Jawa Tengah.

Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto, dalam sambutannya mengapresiasi, serta memberikan penghargaan tinggi kepada panitia peringatan hari jadi Provinsi Jawa Tengah, yang telah bekerja keras,s ehingga pelaksanaan bhakti sosial teresbut berjalan lancar tanpa kendala apapun.

“Dengan pengobatan gratis ini, kita harapkan masyarakat menjadi sehat, karena dengan sehat masyarakat bisa bekerja, sehingga roda perkonomian keluarga meningkat. Karena kesehatan juga penting untuk menopang keberlangsungan kehidupan,”katanya.

Wakil Direktur Pelayanan RSMS Purwokerto Liliani mengatakan, kegiatan bhakti sosial, berupa pengobatan massal gratis yang dilaksanakan di Purbalingga, merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka peringatan hari jadi Provinsi Jawa Tengah tahun 2014, serta diharapakn dapat melayani sebanyak 300 lebih peserta pengobatan, dengan mendatangkan tiga dokter spesialis, dan enam dokter umum.

“Kegiatan bhakti sosial ini merupakan kegiatan rutin tahunan, dan untuk tahun 2014 ini kami selenggarakan untuk masyarakat Purbalingga, dengan sasaran pengobatan sekitar 300 lebih peserta  dan mendatangkan dokter spesialis sebanyak tiga orang, serta dokter umum enam orang. Tiga doketr spesialis tersebut, terdiri dari ahli penyakit dalam, ahli syaraf, dan ahli THT,”tuturnya. (Humas – Kie_Man)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *