Grup Sekdes Kec. Karanganyar Bantu Rehab RTLH Warga Jambudesa

PURBALINGGA- Para Sekretaris Desa se Kecamatan Karanganyar menggalang dana untuk membantu rehab rumah tidak layak huni (RTLH) warga Desa Jambudesa Kecamatan Karanganyar atas nama Ny. Kuswati warga dusun Karangtalun RT. 04 RW. 02 Desa Jambudesa Kec. Karanganyar. Dari 13 Sekdes se Kec. Karanganyar masing-masing menyumbangkan sejumlah Rp. 650.000.,- sehingga terkumpul dana berjumlah Rp. 8.450.000.,- .

Bantuan rehab RTLH tersebut diserahkan oleh perwakilan grup Sekdes kepada Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, SE. B.Econ. untuk selanjutnya disampaikan kepada Ny. Kuswati saat kegiatan gerakan hidup sehat (Germas) bersama masyarakat Desa Jambudesa Kec. Karanganyar, Senin pagi (29/10).

Sebelumnya, Plt Bupati Tiwi bersama sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga melaksanakan peletakan batu pertama rehab RTLH dari alokasi Dana Bantuan Sosial ADD Desa Jambudesa untuk Bpk. Sentot warga RT. 01 RW. 03 sejumlah Rp. 10 juta dan tambahan bantuan 20 zak semen serta bantuan sembako dan sejumlah bingkisan lainnya dari Pemkab Purbalingga.

“Mudah-mudahan pemberian bantuan rehab RTLH bagi warga desa Jambudesa memberikan manfaat, membawa barokah membentuk keluarga yang sakinah mawaddah warohmah, dan momentum ini dapat kita resapi dan renungkan bahwa kita harus senantiasa bersyukur, bahwa di Purbalingga masih banyak saudara kita yang memiliki rumah tidak layak huni, jumlahnya masih banyak,” kata Plt. Bupati Purbalingga Tiwi.

Kegiatan germas yang dipusatkan di lapangan Desa Jambudesa diawali dengan senam germas dan juga poco-poco, pemberian bantuan rasbangga bagi 346 kpm, PMT ibu hamil dan balita, serta sejumlah bantuan sosial lainnya. Dilanjutkan dengan peninjauan posbindu, festival pecel yang diikuti 13 desa se Kec. Karanganyar, dan juga lomba gunungan buah dan sayur.

Plt. Bupati Tiwi juga berkenan meninjau produk lokal UMKM yang didominasi produk kuliner khas dari 13 desa, menandatangani komitmen Germas, serta bersama siswa SDN 1 Jambudesa melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS). Acara dilanjutkan dengan makan buah dan sayur bersama warga, serta pengundian dooprize germas. Dalam sambutannya, Plt. Bupati Tiwi mengajak seluruh warga untuk senantiasa melakukan empat langkah sehat germas yaitu rutin berolahraga, makan buah dan sayur, rajin kontrol kesehatan dan istirahat yang cukup.

“Apabila 4 kegiatan itu dilaksanakan, harapannya penyakit bisa dijauhkan dan derajat kesehatan bisa meningkat, apabila masyarakat sehat maka Purbalingga akan hebat,” katanya.(t/ humas)


You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *