KPAD Purbalingga Sosialisasikan Penanggulangan HIV-AIDS

PURBALINGGA, INFO – Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Purbalingga menggelar sosialiasi pencegahan HIV-AIDS kepada siswa-siswi SMK N 1 Purbalingga, Senin( 27/11). Sekitar seribu lebih pelajar mengikuti sosialiasi yang digelar di Lapangan Outdor SMK tersebut.
Sekretaris KPAD Kabupaten Purbalingga, R. Heny Ruslanto mengatakan sosialisasi bertujuan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi HIV AIDS dan PIMS di Kabupaten Purbalingga. “Selain itu, meningkatkan kesadaran dan kepedulian  generasi muda terhadap isu HIV-AIDS untuk menghilangkan stigma dan diskriminasi,” ungkapnya.
Pada kesempatan tersebut, Heny juga menyematkan  pita merah dan pin HIV kepada Kepala Sekolah SMK N 1 Purbalingga, Yosep Win Puji Punarwo. Ia mengatakan penyematan tersebut merupakan bentuk apresiasi KPAD kepada pihak sekolah dalam mendukung pencegahan HIV-AIDS di Kabupaten Purbalingga.  “Seblumnya di SMA Rembang, Terimakasih atas dukungannya. Sosialiasi berikutnya akan dilakukan secara bertahap ke sekolah-sekolah yang ada di Purbalingga,” Ungkapnya.
Heny mengatakan kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan hari HIV-AIDS yang jatuh pada 1 Desember 2017. “Selain sosialiasi ke sekolah, kami juga menggelar Talkshow pada tanggal 30 November, Pembagian 9000 pita merah & leaflet di perusahaan rambut pada tanggal 2 Desember,” katanya.
Tambahnya, pada upacara yang akan digelar 4 Desember nanti, dilakukan pula pengukuhan desa dan kelurahkan peduli HIV-AIDS serta pemberian piagam kepada tokoh peduli HIV-AIDS.
Pada kesempatan lain, Bupati Purbalingga, Tasdi selaku ketua KPAD Purbalingga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu berperilaku hidup sehat, serta ikut andil dalam pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Kabupaten Purbalingga.
Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Purbalingga, Tiwi selaku ketua pelaksana berharap masyarakat di Kabupaten Purbalingga diharapkan dapat mengubah persepsi negatif terhadap penderita HIV-AIDS.  “Selain mencegah, kita juga berperan untuk menormaliasi isu tentang HIV-AIDS. Jangan sampai di Kabupaten Purbalingga terjadi diskriminasi kepada Orang Dengan HIV-AIDS(ODHA),” katanya.(pi-6)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *