UDD PMI Purabingga Gencar Melakukan Sosialisasi ke Desa

Unit Donor Darah (UDD) PMI Purbalingga saat ini sedang gencar melakukan sosialisasi ke desa – desa, dalam upaya untuk meningkatkan ketersediaan stok darah. Hal ini terbukti efektif untuk menambah kantong darah di Bank Darah PMI Purbalingga, sedangkan memasuki tahun 2014 ini, hingga 24 April 2014 tercatat 526 kantong darah, dan permintaan darah untuk pasien di RS dr. Goeteng Tarunadibrata pada bulan ini mencapai 145 kantong darah.

 

Ketua Pencari Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Purbalingga Kukuh Cahya Urip menuturkan, pihaknya berupaya untuk melakukan sosialisai pada masyarakat untuk meningkatkan ketersediaan stok darah. Saat ini sedang melakukan pendekatan pada warga masyarakat di desa desa agar mau menjadi pendonor.

 

Ditambahkan Kukuh, selain tetap berupaya untuk menambah stok darah, pihaknya juga melakukan sosialisasi pada masyarakat tentang pemahaman masyarakat untuk berdonor, menjadi pendonor darah penting bagi kesehatan, dan menjadi pendonor itu tidak sakit. Meskipun diakui Kukuh masih banyak warga masyarakat yang mau menjadi pendonor, namun tidak tahu lokasi donor darah dan karena lokasi pendonor jauh dari PMI Purbalingga.

 

Dijelaskan Kukuh pada 24 April ini pihaknya melakukan kegiatan donor darah di Balai desa Penican kecamatan Kemangkon, pada 25 April kegiatan Donor darah di Persatuan Donor Darah Indonesia (PPDI) dukuh Keponggok Kelurahan Wirasana, pada 26 April di tiga lokasi yakni di Panti Nugroho Purbalingga, di Balai desa Kedunglegok Kemangkon, dan di Balai desa Tumanggal.

 

Sementara Direktur UDD PMI Purbalingga dr. Jusi Febrianto menuturkan, di UDD PMI Purbalingga telah tersedia alat Regenerated Centrifuge untuk melayani pengolahan komponen darah. Alat ini berfungsi untuk memisahkan komponen darah seperti Trobosit, Eritrosit, plasma darah dan lainnya. Alat ini tergolong baru karena baru beroperasi pada Februari lalu. Pihaknya berharap bagi pasien di wilayah Purbalingga dapat terlayani dengan baik, dan tidak keluar daerah karena saat ini UDD telah memiliki alat tersebut.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *