DPRD Kabupaten Batang NgangsuKawruh Layanan Kesehatan Di Purbalingga

Peserta dari Pemkab Purbalingga memaparkan layanan kesehatan di hadapan DPRD Kabupaten BatangPURBALINGGA,Untuk lebih menambah wawasan tentang pelayanan di bidang kesehatan Komisi B DPRD Kabupaten Batang ngangsu kawruh (menimba ilmu) kepada pemkab Purbalingga.

Rombongan berjumlah 14 orang dari berbagai fraksi  yang dipimpin Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Batang Sucipto diterima Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Sekda Purbalingga Susilo Utomo di Ruang Rapat Bupati Gedung B Kompleks Setda Purbalingga Kamis Sore (13/3).

“Daerah kami yang letaknya di pantai utara yang notabene menjadi  jalur terpadat di pulau jawa sangat strategis serta rawan terjadinya berbagai penyakit menular, karena di sepanjang jalan nasional tersebut menjadi tempat transit pengendara dari berbagai wilayah. Sehingga memerlukan antisipasi dari dinas terkait,”ujar  Sucipto politisi dari PDIP Perjuangan yang juga sebagai Ketua Komisi B Kabupaten Batang.

Menurutnya dengan jumlah anggaran bidang kesehatan yang masih relatif minim Kabupaten Batang yang merupakan daerah transit para pengendara dari berbagai daerah memerlukan antispasi dengan berbagai upaya salah satunya melalui studi banding dengan daerah yang lebih maju dalam penanganan kesehatan.

“Untuk itu, menurut pengamatan kami Kabupaten Purbalingga merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah menempati urutan terbaik dalam penanganan di bidang kesehatan di propinsi ini, oleh karena itu kami akan ngangsu kawruh program-program kesehatan serta akan mengadopsinya di daerah kami,”tuturnya.

Sucipto menambahkan seiring dengan digelontorkannya program pemerintah pusat dibidang kesehatan jumlah warga yang belum tercakup dalam jaminan kesehatan justru semakin meningkat, oleh sebab itu dewan mendorong agar program kesehatan yang dijalankan pemkab Batang dioptimalkan salah satunya dengan mengadakan studi banding.

Dalam sambutannya Bupati Purbalingga Sukento Rido Marhaendrianto yang dibacakan oleh Susilo Utomo mengatakan “ Pemkab Purbalingga mengucapkan terimakasih serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Komisi B DPRD Kabupaten Batang yang telah memilih Purbalingga sebagai tempat untuk melaksanakan kegiatan kunjungan kerja kali tersebut.Untuk itu semoga kunjungan kerja dapat memberikan manfaat dalam bidang kesehatan serta lebih meningkatkan hubungan silturahmi antar kedua wilayah,”katanya.

Terkait program layanan kesehatan, kata Susilo berarti berbicara mengenai kebutuhan pokok dan mendasar dalam kehidupan sehari-hari yang harus dipenuhi, salah satunya adalah layanan kesehatan.

“Dalam hal pelayanan kesehatan, pemkab pemkab dituntut memenuhi segala urusan kesehatan bagi masyarakat, untuk menciptakan layanan kesehatan yang prima diperlukan komitmen bersama antara berbagai pemangku kebijakan serta seluruh komponen masyarakat,”pintanya.

Susilo juga menambahkan bahwa tanpa adanya komitmen  yang kuat, maka program tersebut tidak akan optimal dalam pelaksanaan di lapangan pungkasnya.

Dalam kunja DPRD Kabupaten Batang kali ini diisi dengan paparan terkait dengan program kesehatan, berupa jamkesda, jamsostek, serta jaminan kesehatan nasional (JKN) di Purbalingga masing-masing dari Dinkes, Dinsosnakertrans, RSUD Goteng Taroenadibrata, dan RSUB Panti Nugroho.

Acara diakhiri dengan saling menukar cinderamata dari masing-masing kabupaten yang diserahkan  langsung oleh Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Batang kepada Bupati Purbalingga yang diwakili oleh Asisten Ekbang dan Kesra Sekda Susilo Utomo.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *